Sekilas tentang shalat tasbih, merupakan shalat sunnah yang waktunya tidak ditentukan, jumlah berjumlah 4 rakaat dengan 1 kali salam (sekaligus 4 rakaat) atau 2 kali salam (dibagi menjadi 2 rakaat, sebanyak 2 kali). Dapat dilakukan sendiri maupun berjama'ah.

Saat-saat Membaca Tasbih

Setiap rakaat membaca 75 kali tasbih, seluruhnya menjadi 300 kali, dengan rincian:

  1. Setelah membaca surah (sebelum ruku'), sebanyak 15 kali
  2. Ketika ruku', sebanyak 10 kali
  3. Ketika i'tidal, sebanyak 10 kali
  4. Ketika sujud, sebanyak 10 kali
  5. Ketika duduk diantara dua sujud, sebanyak 10 kali
  6. Ketika sujud kedua, sebanyak 10 kali
  7. Ketika duduk istirahat sebelum berdiri atau sebelum tasyahhud, sebanyak 10 kali

Bacaan Tasbih:

Bacaan Shalat Tasbih

Subhaanalloohi walhamdulillaahi walaa ilaaha illalloohu walloohu akbar.

Artinya: Maha suci Allah, segala puji bagi-Nya, tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar.

Bacaan Sesudah Salam:

Bacaan Shalat Tasbih

Subhaana mallaa ya'lamu qodrohu ghoiruhu walaa yablughul waashifuuna shifatah. Subhaana robbiyal 'aliyyil a'lal wahhaab.

Artinya: Maha suci Allah, yang tidak seorangpun mengetahui betapa besar keagungan-Nya melainkan Dia sendiri. Dan tidak ada seorangpun yang mampu memberikan sifat kepada-Nya dengan sifat yang sebenarnya. Maha suci Allah, Rabb yang Maha memiliki ketinggian diatas segala yang mempunyai pemberian.

Bacaan Shalat Tasbih

Yaa Alloohu ya Rohmaanu yaa Rohiimu yaa Hayyu yaa Qoyyuumu yaa dzal jalaali wal-ikroom, yaa ahlat taqwaa wa ahlal maghfiroh, yaa dzaakirodz dzaakiriin, tub 'alayya taubatan nashuuhaa, wazidnii bifadhli rohmatika nuuron wazhuhuuron wawudhuuhaa. Yaa arhamar roohimiin.

Artinya: Ya Allah yang Maha Pengasih, yang Maha Penyayang, yang Maha Hidup dan Maha Berdiri sendiri, wahai Dzat yang Memiliki Keperkasaan dan Kemuliaan, Pemilik ketaqwaan dan Ampunan, wahai yang diingat para pedzikir, anugerahkanlah padaku taubat nasuha dan tambahkanlah bagiku dengan rahmat-Mu cahaya, kejelasan dan kebersihan. Wahai Dzat yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.

Bacaan Shalat Tasbih

Alloohumma sholli 'alaa sayyidinaa Muhammadiw wa'alaa aalihii washohbihii bi'adadi maajaroo bihil qolam.

Artinya: Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami, Nabi Muhammad dan kepada keluarga serta sahabatnya sebanyak bilangan yang ditulis pena.

Bacaan Shalat Tasbih

Robbi auzi'nii an asykuro ni'matakallatii an'amta 'alayya wa'alaa waalidayya wa an a'mala shoolihan tardhoohu wa adkhilnii birohmatika fii 'ibaadikash shoolihiin.

Artinya: Ya Allah, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku, dan agar aku dapat mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhoi. Serta masukkanlah aku dengan rahmat-Mu kedalam golongan hamba-hamba-Mu yang shaleh.

Diakhiri dengan membaca surah Al Faatihah.