Berikut ini merupakan bacaan shalat tahajjud yang dilakukan setelah salam.

Bacaan Sesudah Salam:

Bacaan Shalat Tahajjud

ilaa hadhrotin nabiyyil mushthofaa rosuulillaahi shollalloohu 'alaihi wasallam, wa'alaa aalihii wa ashhaabihil kiroom, syaiul lillaahi lahumul faatihah …… (Baca Surah Al Faatihah)

Artinya: Teruntuk kepada junjungan Nabi yang terpilih utusan Allah, semoga Allah mencurahkan kesejahteraan dan keselamatan atasnya, keluarganya dan para sahabatnya yang mulia.

Bacaan Shalat Tahajjud

Alloohumma sholli wasallim wabaarik 'alaa sayyidinaa Muhammadinin nuuridz dzaatii, wassirris saarii, fii saa-iril asmaa-i wash shifaat.

Artinya: Ya Allah, limpahkanlah rahmat, kesejahteraan dan keberkahan kepada junjungan kami, Nabi Muhammad, cahaya Dzat, dan cahaya yang mempunyai rahasia dalam seluruh nama dan sifat.

Bacaan Shalat Tahajjud

Alloohumma sholli wasallim wabaarik 'alaa sayyidinaa Muhammadinil faatihi limaa ughliqo, walkhootimi limaa sabaqo, wannaashiril haqqi bil haqqi, walhaadii ilaa shiroothikal mustaqiim, shollalloohu 'alaihi wa'alaa aalihi wa ashhaabihii haqqo qodrihii wamiqdaarihil 'azhiim.

Artinya: Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan salam serta keberkahan kepada junjungan kami, Nabi Muhammad, pembuka sesuatu yang terkunci, penutup sesuatu yang terdahulu, penolong kebenaran dengan kebenaran, penunjuk ke jalan-Mu yang lurus. Semoga Rahmat Allah senantiasa tercurah kepadanya, keluarganya dan para sahabatnya sesuai dengan derajat dan kedudukannya yang tinggi.

Bacaan Shalat Tahajjud

Alloohumma sholli sholaatan kaamilataw wasallim salaaman tamman 'alaa sayyidinaa Muhammadinil ladzii tanhallu bihil 'uqodu watanfariju bihil kurob, watuqdhoo bihil hawaa-iju watunaalu bihirroghoo-ib, wahusnul khowaatimi wayustasqol ghomaamu biwajhihil kariim, wa'alaa aalihii washohbihii fii kulli lamhatiw wanafasim bi'adadi kulli ma'luumillak.

Artinya: Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keselamatan yang sempurna kepada junjungan kami nabi Muhammad, yang dengan itu Engkau lepaskan segala ikatan yang membelenggu, dihilangkan dari segala kesusahan, ditunaikan semua hajat dan tercapai segala keinginan, serta meninggal dunia dengan akhir yang baik, mendapat curahan air dari awan berkat wajah-Mu yang mulia, juga kepada keluarga dan para sahabatnya, dalam setiap kerdipan mata dan tarikan nafas, sebanyak pengetahuan yang Engkau miliki.

Bacaan Shalat Tahajjud

Alloohumma lakal hamdu anta qoyyimus samaawaati wal ardhi wamanfiihin. Walakal hamdu laka mulkus samaawaati wal ardhi wamanfiihin. Walakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wamanfiihin. Walakal hamdu antal haq, wawa'duka haq, waliqoo-uka haq, waqouluka haq, waljannatu haq, wannaaru haq, wannabiyyuuna haq, wa Muhammadun shollallohu 'alaihi wasallama haq, wassaa'atu haq.

Artinya: Ya Allah bagi-Mu segala puji, Engkaulah penegak langit dan bumi serta segala isinya. Bagi-Mu segala puji, bagi-Mu kerajaan langit dan bumi beserta isinya. Hanya bagi-Mu segala puji, Engkaulah cahaya langit dan bumi beserta isinya. Bagi-Mu segala puji, Engkaulah Dzat yang haq (benar-benar ada), janji-Mu adalah haq, bertemu dengan-Mu adalah haq, firman-Mu adalah haq, surga adalah haq, neraka adalah haq, dan para nabi adalah haq, Nabi Muhammad SAW adalah haq, dan hari kiamat itu adalah haq.

Bacaan Shalat Tahajjud

Alloohumma laka aslamtu wabika aamantu wa'alaika tawakkaltu wa ilaika anabtu wabika khooshomtu wa ilaika haakamtu, faghfirlii maa qoddamtu wamaa akhkhortu, wamaa asrortu wamaa a'lantu, wamaa asroftu, wamaa anta a'lamu bihii minnii, antal muqoddimu wa antal muakhkhiru laa ilaaha illaa anta wa laa ilaaha ghoiruk, walaa haula walaa quwwata illaa billaah.

Artinya: Ya Allah, hanya kepada-Mu aku berserah diri, kepada-Mu aku beriman, hanya kepada-Mu aku bertawakkal, kepada-Mu aku bertaubat, kepada-Mu aku mengadu dan hanya kepada-Mu aku mohon keputusan. Maka ampunilah segala dosa yang telah aku lakukan maupun yang belum terjadi, dosa yang kurahasiakan maupun yang aku nyatakan, atau karena aku berlebih-lebihan, dan atas apa yang Engkau lebih mengetahuinya dari padaku. Engkaulah yang terdahulu dan yang terkemudian. Tidak ada Tuhan selain Engkau dan tidak ada Tuhan selain-Mu, Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.

Bacaan Shalat Tahajjud

Robbanaa aamannaa faghfirlanaa warhamnaa wa anta khoirur roohimiin.

Artinya: Ya Tuhan kami, kami telah beriman, maka ampunilah kami, rahmatilah kami, dan Engkaulah sebaik-baik Pemberi Rahmat.

Bacaan Shalat Tahajjud

Washollalloohu 'alaa sayyidinaa Muhammadiw wa'alaa aalihii washohbihii wasallam. Walhamdu lillaahi robbil 'aalamiin.

Artinya: Ya Allah, limpahkanlah selalu rahmat kepada Nabi Muhammad, keluarga dan para sahabatnya. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.