Sujud Tilawah dilakukan satu kali ketika membaca atau mendengarkan bacaan Ayat-ayat Sajdah, yang dilakukan didalam atau diluar shalat.

Bacaan:

Bacaan Sujud Tilawah

Alloohumma laka sajadtu, wabika aamantu, walaka aslamtu. Sajada wajhiya lilladzii kholaqohuu washowwarohuu wasyaqqo sam'ahuu wabashorohuu bihaulihii waquwwatih. Fatabaarokalloohu ahsanul khooliqiin.

Artinya: Ya Allah, untuk-Mulah aku bersujud, kepada-Mulah aku beriman, dan kepada-Mu aku berserah diri. Aku sujudkan wajahku kepada Dzat Yang Menciptakan dan Membentuk rupa serta memecahkan (memberikan) pendengaran dan penglihatan dengan daya dan kekuatan-Nya. Maha Suci Allah, sebaik-baik Pencipta.

Bacaan Sujud Tilawah

Alloohummaktublii bihaa 'indaka ajroo, waj'alhaalii 'indaka dzukhroo, warfa' 'annii bihaa wizroo, wataqobbalhaa minnii kamaa taqobbaltahaa min'abdika Daawuud.

Artinya: Ya Allah, tetapkanlah bagiku dengan sujud ini disisi-Mu kebaikan, dan jadikanlah dengannya disisi-Mu simpanan bagiku, ampunilah dosaku dan terimalah sujudku/penghambaanku, sebagaimana Engkau telah menerimanya dari hamba-Mu Daud.